10 Game Bagus yang Sayangnya Sudah Dihapus dari Play Store - Teh90blog

10 Game Bagus yang Sayangnya Sudah Dihapus dari Play Store

10 Game Bagus yang Sayangnya Harus Dihapus dari Play Store

Perkembangan industri game di jaman sekarang memang sangat lah pesat. Hal tersebut membuat persaingan antar developer game semakin sengit dengan saling berjuang untuk mendapatkan banyak pemain lewat game - game baru yang visioner dari mereka.

Munculnya game - game baru itu pun secara tidak langsung membuat kepopuleran beberapa game mulai meredup, entah itu karena kurangnya inovasi di dalam game tersebut atau memang karena sudah kalah saing dengan game lain yang punya fitur lebih menarik.

Nah, dalam postingan ini telah saya rangkum 10 game yang setidaknya sudah merasakan pengalaman pahit itu. 

Kesepuluh game ini dulunya sempat mendapatkan masa kejayaannya, namun karena beberapa alasan sekarang game-nya malah tutup dan dihapus dari Google Play Store.

Tanpa berbasa - basi lagi, mari kita masuk ke dalam pembahasannya.


1. Undead Slayer

Undead Slayer

Dulu di masa - masa awal kemunculan android, Undead Slayer adalah game yang sangat sering dimainkan. 

Ukuran game-nya yang ringan, ditambah dengan sajian grafisnya yang sangat memukau pada saat itu membuat game ini dengan cepat mendapatkan kepopulerannya.

Saking populernya, Undead Slayer bahkan sampai memiliki banyak sekali mod yang tersebar luas di internet, ada mod yang bikin gold-nya unlimited, mod level karakter, dan mod lainnya yang digunakan untuk mempersingkat progress game kalian.

Entah sejak kapan game ini dihapus dari Play Store, yang pasti sekarang game Undead Slayer sudah tidak bisa kalian temukan dimana pun. 

Versi terakhirnya saja bahkan sudah tidak kompatibel dengan versi Android saat ini, yang menandakan bahwa Undead Slayer sudah sangat lama sekali ditinggalkan oleh pihak developer-nya.


2. Ninja Heroes

Ninja Heroes

Sama halnya dengan Undead Slayer, Ninja Heroes adalah game yang dulu sempat populer di masa - masa awal kemunculan smartphone android. 

Game yang punya genre turn based RPG ini memiliki gameplay yang tergolong unik saat itu karena menampilkan karakter - karakter dari anime Naruto dalam bentuk chibi yang terlihat sangat imut dan lucu.

Ninja Heroes ini juga dibekali dengan story yang cukup lengkap, dimulai dari waktu Naruto masih menjadi seorang genin hingga ke masa perang dunia shinobi keempat.

Sebelum benar - benar menghilang, Ninja Heroes sebenarnya memiliki versi terbaru yang diberi tajuk Ninja Heroes New Era. Tapi karena gameplay dan fiturnya yang tidak memiliki peningkatan membuat game ini tidak bisa bersaing dengan game - game lain yang jauh lebih menarik untuk dimainkan.


3. Tokyo Ghoul: Dark War

Tokyo Ghoul Dark War

Buat para fans anime Tokyo Ghoul, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini.

Game besutan GameSamba ini cukup terkenal di masa awal perilisannya. Gameplay RPG action hack and slash yang ditawarkan cukup memanjakan mata, meski sayangnya belum genap 3 tahun setelah perilisannya, game ini sudah ditarik peredarannya dari Play Store karena ada masalah hak cipta di dalamnya. 

Kemungkinan besar game ini sudah tidak lagi memiliki lisensi resmi dari publisher animenya, sehingga pada akhirnya terpaksa ditutup.

Padahal, jika melihat dari gameplay-nya, Tokyo Ghoul: Dark War adalah game yang cukup menarik untuk dimainkan. Fiturnya ada banyak, plot ceritanya juga sesuai dengan versi animenya. Cukup recommended sebenarnya kalau game-nya nggak tutup.


4. Flappy Bird

Flappy Bird

Siapa sih yang nggak kenal dengan game satu ini? Game yang sempat menjadi tren di tahun 2014 ini dulunya sangat digemari oleh banyak orang.

Padahal sebenarnya Flappy Bird adalah game yang sangat simple, kalian sebagai player hanya dituntut untuk menggerakkan seekor burung yang berusaha terbang melewati pipa - pipa Mario Bros.

Cara bermainnya yang sangat mudah (Hanya menekan - nekan layar doang) itulah yang pada akhirnya membuat Flappy Bird dengan cepat mendapatkan banyak perhatian, sebab kala itu semua orang ingin mencoba untuk memainkannya.

Banyak orang yang akhirnya mulai ketagihan untuk memainkan Flappy Bird, ada yang sampai berpuluh - puluh jam, bahkan ada yang sampai kehilangan pekerjaan hanya karena ingin fokus bermain Flappy Bird.

Dong Nguyen sebagai pembuat dari game ini pun menyadari kalau game buatannya terlalu mempengaruhi kehidupan banyak orang yang memainkannya. 

Faktor itu juga lah yang membuat Dong Nguyen memutuskan untuk mencabut game Flappy Bird dari Play Store, sebab dia tidak ingin Flappy Bird membuat banyak orang kecanduan.


5. Animal Adventure: Downhill Rush

Animal Adventure Downhill Rush

Animal Adventure: Downhill Rush
merupakan game endless runner yang dirilis di Play Store pada 27 Januari 2019.

Seperti namanya, game ini akan mengajak kalian untuk berpetualang menaiki ski dalam perjalanan menuruni gunung bersalju dengan beberapa jenis binatang sebagai karakter utamanya.

Layaknya game endless runner pada umumnya, game ini juga menawarkan beragam fitur menarik di dalamnya, seperti fitur untuk custom kendaraan, upgrade karakter, dan masih banyak lagi fitur lain yang mungkin akan menarik bagi kalian.

Sajian grafisnya yang memukau, ditambah dengan ukurannya yang ringan menjadi faktor utama mengapa game ini cukup laku di pasaran. 

Tapi, sayangnya sekarang game ini sudah dihapus dari Play Store karena sudah kalah saing dari game - game yang serupa lainnya.


6. Autochess Moba

Autochess Moba

Sempat punya hype yang tinggi di awal perilisannya, Autochess Moba adalah game Moba mobile yang digadang - gadang menjadi game turunan langsung dari DOTA 2.

Rencananya, Autochess Moba ini akan mengusung mekanisme yang tidak jauh berbeda dari DOTA 2, mulai dari akses hero-nya yang gratis, mekanisme fog of war di map, dan tampilan skill dari para karakternya yang akan dibuat mirip dengan yang ada di DOTA 2.

Tapi, sayangnya hype yang besar itu harus pupus dengan seketika, sebab saat game ini dirilis ada banyak sekali masalah yang muncul, entah itu masalah bug, desain dari para karakternya yang ternyata jauh berbeda dari versi DOTA 2, belum lagi masalah server dan jaringan yang tak pernah stabil.

Banyaknya masalah yang muncul itu membuat game ini kembali ditarik hanya dalam kurun waktu sebulan setelah perilisannya.

Pihak developer dari Autochess Moba sebenarnya sudah memberikan penjelasan bahwasannya Autochess Moba akan kembali berada di tahap pengembangan dan masih berkemungkinan untuk dirilis kembali di masa mendatang, tapi sepertinya tidak dalam kurun waktu dekat ini.


7. Apex Legends Mobile

Apex Legends Mobile

Setelah mendapatkan kepopuleran yang cukup besar di versi PC-nya, Respawn Entertainment selaku pihak developer dari game Apex Legends akhirnya mencoba untuk membawa Apex Legends ke ranah mobile.

Dan benar saja, di tanggal 17 Mei 2022 Apex Legends Mobile akhirnya dirilis secara global. Gameplay dan fitur yang ditawarkan pun mayoritas sama persis dengan versi PC-nya, membuat game ini langsung menarik perhatian banyak orang.

Akan tetapi, sayangnya kepopuleran dari Apex Legends Mobile hanya berlangsung selama beberapa saat, sebab beberapa bulan setelah perilisannya game ini mulai ditinggalkan oleh para pemainnya. 

Ada banyak sekali faktornya, ada yang bilang game-nya terlalu berat untuk dijalankan, ada juga yang bilang kalau Apex Legends Mobile ini lebih ribet jika dibandingkan dengan game - game battle royale lainnya.

Di setiap bulannya, player aktif dari game ini pun terus berkurang secara signifikan, sampai puncaknya di bulan Mei 2023 lalu dimana game ini secara resmi dihapus dari Play store.


8. Dragon Nest M

Dragon Nest M

Sebelum nama Genshin Impact muncul ke permukaan, ada Dragon Nest M duluan yang namanya cukup populer di genre adventure, action, dan open world. 

Bukan tanpa alasan, kejayaan yang didapat oleh Dragon Nest M memang berasal dari game-nya itu sendiri yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. 

Seolah masuk ke dunia yang berbeda, kalian sebagai player diberi kebebasan untuk melakukan apapun di dalam game ini, mulai dari berpetualang ke segala penjuru map, menyelesaikan quest utama, berinteraksi dengan player lain, ataupun melakukan berbagai kustomisasi karakter.

Game ini pun tidak terlalu pay to win karena kalian sebagai player gratisan bisa mendapatkan item yang bagus dengan menyelesaikan berbagai macam misi untuk memperkuat karakter yang kalian gunakan.

Namun, sayangnya karena kurangnya peminat akhirnya game ini pun menutup server indonesianya pada tanggal 1 November 2021 lalu.


9. Marvel Super War

Marvel Super War

Buat kalian para fans Marvel pasti sudah tidak asing lagi dong dengan game yang satu ini.

Game Moba mobile besutan developer NetEase ini dulu cukup ramai dimainkan oleh banyak orang berkat konsepnya yang unik dengan menampilkan para karakter universe Marvel ke dalam sebuah game Moba yang kompetitif.

Ada banyak sekali karakter dari game ini yang pasti kalian kenal, contohnya seperti: Iron Man, Captain America, Spider-Man, Hulk, Thor, dan masih banyak lagi karakter Marvel yang lain.

Tapi, siapa yang menyangka bahwa konsep game Moba dengan karakter Marvel ini ternyata sangat sulit untuk direalisasikan, sebab tiap skill dari karakter yang hadir harus cocok dengan penggambaran mereka baik itu di versi film ataupun dalam versi komiknya.

Akibatnya, ada beberapa karakter yang skillnya terlalu kuat, contohnya seperti skill unik Thanos dimana dia bisa langsung melenyapkan 3 hero musuh dalam sekejap setelah dia berhasil mengumpulkan infinity stones.

Meta dalam game-nya yang tidak seimbang, ditambah dengan minimnya inovasi yang ditawarkan oleh pihak developer-nya membuat game ini akhirnya ditutup pada 18 Juni 2024.


10. Vainglory

Vainglory

Masih di game moba mobile, kali ini ada game Vainglory yang harus tutup usia di tahun 2020 karena kalah saing dengan game Mobile Legends yang saat itu lebih ramah dimainkan di hp spek kentang.

Yap, saat itu Vainglory emang terkenal sebagai game moba para sultan, karena game ini hanya mampu dijalankan di smartphone spek dewa.

Drama "Moba kok analog?" juga berasal dari komunitas game Vainglory, sebab kala itu Vainglory masih memiliki mekanisme yang sama persis dengan game - game moba di pc. Mainnya pencet - pencet gitu, jadi gerakan hero-nya nggak pakai analog sama sekali.

Tapi, sayangnya perjalanan Vainglory tidak lah panjang, karena pada akhirnya game ini harus mengakui dominasi game Mobile Legends yang semakin kuat. Terlebih lagi, dengan game-nya yang terlalu berat untuk dimainkan membuat Vainglory tak kunjung mendapatkan pemain baru yang mayoritas lebih memilih game yang tergolong ringan.

***

Itulah 10 game android terkenal yang kini sudah dihapus dari play store. Kira - kira dari 10 game diatas, game manakah yang paling memorable bagi kalian? Beritahu saya jawaban kalian di kolom komentar.

Oiya, perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan jangan malu untuk berkomentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "10 Game Bagus yang Sayangnya Sudah Dihapus dari Play Store"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel