Review Game Subway Surfers City, Grafis Bagus Doang Tapi Masih Kurang Inovasi - Teh90blog

Review Game Subway Surfers City, Grafis Bagus Doang Tapi Masih Kurang Inovasi

Review Game Subway Surfers City

Siapa sih yang nggak kenal dengan game legendaris yang satu ini? Buat anak generasi awal tahun 2000-an seperti saya udah nggak asing lagi dengan game Subway Surfers. 

Game besutan developer SYBO Games ini pertama kali dirilis di Google Play Store pada 20 September 2012, dan tak lama setelah itu game ini langsung meraih kepopuleran yang tinggi berkat gameplay-nya yang sangat mudah untuk dimainkan, khususnya buat anak - anak (hanya butuh geser - geser layar doang).

Sejak awal perilisannya game ini memang dirancang khusus buat anak - anak, mulai dari desain kartun karakternya, sampai ke berbagai macam environment di dalam game-nya yang didominasi dengan warna - warna cerah, warna yang mayoritas disukai oleh anak - anak.

Konsistensi yang diberikan oleh SYBO Games kepada game ini pun akhirnya membuahkan hasil memuaskan di akhir tahun 2021 sebab di tahun itu game ini sudah mendapatkan total unduhan sebanyak 1,8 milyar kali di Google Play Store.

Dengan tingginya popularitas yang didapat oleh game Subway Surfers, SYBO Games pun mulai aktif mengembangkan franchise game-nya dengan merilis game - game Subway Surfers yang lain, seperti contohnya Subway Surfers Blast, Subway Surfers Match, dan yang terbaru adalah Subway Surfers City.

Sebagai seri yang paling terbaru, Subway Surfers City tentu mendapatkan hype yang cukup tinggi dari para pecinta franchise game ini. Tapi, apakah game ini mampu menjawab tingginya ekspektasi tersebut? 

Untuk mengetahui jawabannya, saya akan mengulas game ini secara detail, mulai dari fitur yang ditawarkan, sajian grafis, hingga mode gameplay yang disajikan dalam game Subway Surfers City ini.

Tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja kita masuk ke inti pembahasannya.


A. FITUR GAME

1. Karakter dengan Ability Khusus

Karakter dalam Subway Surfers City

Sejak dulu game Subway Surfers memang sudah identik dengan desain dari para karakter - karakternya yang tergolong ikonik. 

Nah, beragam karakter ikonik dari game Subway Surfers terdahulu itu juga masih bisa kalian temukan di dalam game ini, seperti contohnya karakter Jake dan Tricky yang pasti sudah sangat kalian kenal.

Setiap karakternya juga akan dibekali dengan ability khususnya sendiri. Ada yang bisa ngasih bonus koin, bonus energi, bonus skor, dan masih banyak lagi ability - ability lain yang bisa kalian temukan dalam game ini.

Setiap ability tersebut memiliki sistem upgrade dengan mengumpulkan fragment karakter melalui chest. Nah, menurut saya fitur inilah yang agak kurang memuaskan, karena untuk mendapatkan satu chest saja kalian harus menghabiskan banyak waktu terlebih dahulu dengan menyelesaikan berbagai macam quest yang tersedia.

Lagian kalo dapet chest pun isinya masih tetep gacha. Nggak ada jaminan untuk mendapatkan fragment karakter yang kalian butuhkan. Jadi ya ending-nya tetep hoki - hokian.

2. Ada Level Khusus Setiap Harinya

Level Baru Setiap Hari

Agar playernya tidak cepat bosan, game ini menyuguhkan level khusus yang direset setiap harinya. Untuk memainkan levelnya pun ada syaratnya, nanti di setiap level hanya ada beberapa karakter saja yang bisa kalian mainkan, dan setiap karakter tersebut hanya memiliki satu kesempatan saja untuk menyelesaikan levelnya.

Dengan kata lain, semakin banyak karakter yang kalian miliki, maka akan semakin banyak juga peluang kalian untuk memainkan level khusus ini.

Lagi dan lagi fitur yang hadir dalam game ini cukup unik, tapi sayang masih punya banyak kelemahan dalam eksekusinya. Satu kelemahan yang pasti adalah fitur ini tidak ramah buat player baru, sebab karakter yang mereka miliki pasti masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan player lama yang pasti sudah punya karakter yang lengkap.

Jadi ya mau nggak mau kalian harus grinding lagi buat ngumpulin chest biar bisa punya banyak karakter.

3. Punya Beberapa Mekanik Gameplay Baru

Mekanik Gameplay Baru

Jika dibandingkan dengan 2 fitur sebelumnya, fitur kali ini terasa lebih memuaskan buat saya.

Untuk membuat Subway Surfers City dapat dibedakan dari seri lainnya, game ini menyuguhkan beragam mekanik unik yang bisa kalian temukan di dalam gameplay-nya.

Salah satu contohnya yaitu ada mekanik menggeser jari kebawah dengan cepat saat melompat untuk membuka harta yang tertimbun di bawah. Ada juga mekanik serupa untuk melakukan lompatan yang lebih tinggi dengan tujuan untuk membuka area - area tersembunyi.

Beragam mekanik baru tersebut sukses membuat game ini terlihat sedikit lebih fresh. Ditambah lagi dengan sajian grafisnya yang makin memukau membuat pengalaman saat memainkannya menjadi lebih terasa maksimal.

4. Punya Varian Map

Varian Map

Ini dia nih fitur yang paling saya tunggu - tunggu. Sejak seri game pertamanya, Subway Surfers tak pernah punya banyak varian map sehingga game-nya terasa sangat monoton untuk dimainkan dalam jangka waktu yang lama.

Untungnya, di game Subway Surfers City ini mapnya mulai memiliki varian. Yaa meski sejauh ini variannya cuma 2 doang, tapi itu sudah menjadi awalan yang bagus.


B. SPESIFIKASI

Dengan sajian grafisnya yang semakin dioptimalkan, maka wajar jika game Subway Surfers City ini terasa lebih berat jika dibandingkan dengan seri game Subway Surfers yang lain. 

Tapi tenang saja, game ini masih tergolong ringan kok buat dimainkan dengan smartphone rilisan sekarang. 

Untuk menjadi pertimbangan kalian, berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk bisa memainkan game Subway Surfers City dengan lancar:

RAM: 4 GB.
Memori Internal: 1 GB kosong.
OS: Android 8.0 atau yang lebih baru.


C. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Ukuran game-nya tergolong kecil.
  2. Tidak menampilkan banyak iklan.
  3. Sajian grafisnya terasa sangat memanjakan mata.
  4. Masih punya elemen yang sama denga game originalnya.

Kelemahan

  1. Sistem upgrade karakter yang terlalu pay to win
  2. Gameplay-nya masih monoton
  3. Sistem high score yang sekarang dipisah per karakter


D. GAMEPLAY


***

Sebagai seri yang terbaru, Subway Surfers City memang terlihat lebih mewah dan memukau, meski mayoritas fitur yang dihadirkan masih sama persis dengan seri - seri sebelumnya. 

Bahkan, menurut saya game Subway Surfers City ini hanya upgrade grafis doang, karena selain sajian grafisnya yang terlihat memukau, tidak ada lagi yang bisa diunggulkan dari game ini. Mulai dari gameplay, karakter, semuanya masih sama persis dengan versi originalnya.

Mungkin satu - satunya hal yang membuat game ini bisa survive kedepannya adalah dengan menyajikan banyak event - event menarik didalamnya. Selain itu, varian mapnya juga bisa ditambah lagi biar playernya nggak cepat bosan.

Overall, Subway Surfers City masih tetap menjadi game yang worth it buat dimainkan di tengah waktu luang kalian. Game ini cocok banget buat kalian para player kasual karena waktu main nggak butuh banyak mikir.

Sekian pembahasan dari saya mengenai game Subway Surfers City. Jika ada dari kalian yang punya pendapat lain seputar game ini bisa langsung saja beritahu saya lewat kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Review Game Subway Surfers City, Grafis Bagus Doang Tapi Masih Kurang Inovasi"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel